Sistem ini yang Membuat Kita Sakit

Pernyataan Sekretariat IWA dalam Menanggapi Situasi Pandemi COVID-19

Di banyak negara, kini orang-orang dihadapkan dengan masalah kesehatan.yang sangat besar. Karena sifat sistem kapitalis dan penyalahgunaannya terhadap para kelas pekerja, banyak dari kita yang mungkin menjadi korban kelalaian dan penghinaan oleh kelas yang berkuasa – penyakit yang telah menimpa masyarakat kita dan hubungan sosial-ekonomi kita. Dalam situasi seperti ini, kita benar-benar harus saling bergantung demi menjaga kesehatan dan hidup kita.

Seksi-seksi International Workers’ Association telah menanggapi situasi lokal mereka dengan cara yang berbeda-beda. Sebagai pendukung pemogokan umum untuk melemahkan kekuatan mereka yang menindas dan menyiksa kita, kami melihat inilah waktu yang tepat bagi kelas pekerja di negara-negara tertentu untuk menggunakan alat perjuangan ini, untuk membela diri, untuk melindungi kesehatan mereka dan mempromosikan kekuatan aksi bersama melawan kuasa negara.

Serikat kami telah mengajukan beberapa tuntutan dan seruan untuk bertindak di tingkat lokal dan terlibat dalam beberapa perjuangan nyata di sejumlah tempat kerja. Di tingkat global, ada beberapa tuntutan yang perlu diperbanyak sebagai tanggapan terhadap pandemi saat ini.

1.      Semua pekerja yang telah dipaksa mengundurkan diri dari pekerjaan karena tindakan yang diambil oleh pemerintah atas keputusan bos, pengurangan ekonomik atau yang sedang sakit atau alasan lain berhak menerima upah cuti

Sebagian kelas pekerja di seluruh dunia nyaris tidak memenuhi dan tidak mampu untuk kehilangan penghasilan mereka. Mereka terancam menjadi korban lagi – korban tuan tanah dan kreditor. Beberapa pemerintah telah mengumumkan paket bantuan untuk bisnis, tetapi para elit jauh lebih murah hati kepada orang-orang yang bekerja.

Setelah pandemi mereda, kelas pekerja harus berjuang menjadikan upah cuti sebagai hak permanen bagi semua orang.

2.      Kami menganjurkan libur kerja segera (dengan upah cuti) untuk semua pekerja industri dan jasa di semua bidang yang terancam oleh penyebaran virus ini. Di mana para bos atau negara mengancam dan memaksa orang untuk terus bekerja terlepas dari risikonya, kami menyerukan kepada organisasi pemogokan, solidaritas, dan macam-macam bentuk aksi langsung lainnya. Kami membutuhkan solidaritas dan dukungan bersama untuk menunjukkan bahwa kami tidak akan bisa dihentikan.

3.      Kami menuntut kenaikan upah segera untuk semua pekerja medis (termasuk personel « non-medis » lainnya di pusat-pusat medis, seperti petugas kebersihan). Kenaikan upah ini bersifat permanen. Salah satu masalah terbesar yang dihadapi banyak negara di dunia adalah kurangnya akses ke layanan kesehatan, yang disebabkan oleh kekurangan dana, karena pemerintah memutuskan untuk mengalihkan uang ke tempat lain, jauh dari kebutuhan manusia yang paling penting. Banyak pekerja medis yang diremehkan dan telah berjuang selama bertahun-tahun. Mereka dieksploitasi dan tidak dihargai setiap hari – namun kami mengharapkan dedikasi total mereka untuk menyelamatkan hidup orang lain dalam situasi seperti ini dan kadang-kadang berisiko besar bagi kesehatan dan kesejahteraan mereka sendiri. Kita harus berjuang untuk memaksa Negara – yang kita anggap sebagai penjaga sementara dari uang pajak kita – untuk menjamin keamanan dan kesehatan penduduk dengan menyesuaikan kembali prioritas sosial. Lebih lanjut, IWA mengingatkan kelas pekerja bahwa Negara telah mengambil alih kekuaatan rakyat untuk memutuskan sesuatu sendiri dan biasanya bertindak terutama untuk kepentingan modal. Kita harus merebut kembali kuasa untuk memperkenalkan sistem sosial dan egaliter yang benar-benar menjaga semua anggota masyarakat kita secara bersama.

4.      Kami menuntut pembayaran bonus segera untuk semua pekerja lain yang dibutuhkan dalam berbagai fungsi yang masih sangat penting untuk menjaga semuanya berjalan lancar – dari kasir supermarket hingga penyedia, produsen dan pemasok makanan, dari pekerja sosial hingga pekerja sanitasi. Siapa pun yang bekerja dalam risiko yang meningkat dan masih bekerja sementara yang lain tinggal di rumah mereka berhak atas bantuan dan dukungan kami. Bila memungkinkan, kami juga meminta orang lain untuk membantu orang-orang ini dengan pekerjaan mereka, untuk memberi mereka istirahat dan untuk berbagi beban. Jika pekerja semacam itu dipaksa untuk bekerja dalam banyak jam ekstra karena situasi tersebut, mereka harus diberikan cuti ekstra saat mereka stabil.

Kami perlu menekankan bahwa banyak dari kategori pekerja ini, yang tanpanya kehidupan itu sendiri hampir tidak mungkin terjadi di pusat-pusat kota (seperti petani dan pekerja lain dalam rantai pasokan makanan) adalah di antara pekerja dengan upah terburuk di banyak negara. Kita harus agitasi dan berjuang untuk melegalkan nilai tenaga kerja dan menghilangkan kontradiksi besar dari logika kapitalis, yang gagal untuk memberikan kompensasi yang memadai bagi sebagian besar tenaga kerja yang mereka anggap hanya sebagai bagian yang dapat diganti, bukan sebagai anggota vital dari komunitas manusia kita.

5.      Kami menuntut akses gratis ke layanan kesehatan bagi semua yang mungkin terkena dampak krisis saat ini. Kita harus menjaga permintaan ini sebagai bidang perjuangan permanen.

6.      Kami menuntut bantuan darurat khusus untuk semua orang yang tidak memiliki atap di atas kepala mereka atau yang hidup dalam kondisi sanitasi yang buruk. Secara umum, tunawisma, dan berbagai bentuk pemindahan yang tragis menyebabkan banyak kematian dan penyakit setiap tahun, di atas kesengsaraan. Ini adalah masalah proporsi besar di tingkat dunia. Ini harus ditangani, khususnya dengan bantuan masyarakat dan perjuangan permanen melawan kelas mereka yang memiliki modal yang mengambil keuntungan dari akses mereka ke dan kepemilikan pribadi. Dunia juga telah menanggapi dengan buruk berbagai krisis kemanusiaan yang disebabkan oleh perang dan bencana alam, membuat para korbannya dalam kondisi genting dan seringkali mengancam jiwa.

7.      Kami menuntut agar bahan pokok apa pun yang dibutuhkan oleh masyarakat disediakan, terutama jika orang tidak mampu membelinya. Uang pajak kita harus digunakan untuk memastikan bahwa bagian dari masyarakat yang rentan memiliki akses ke produk o bat-obatan higienis.



Ketujuh tuntutan ini adalah jumlah minimum yang perlu kita dorong, dan untuk membuat situasi sedikit lebih sehat pada akhirnya, kita perlu menekan untuk lebih banyak perlindungan sosial bagi masyarakat umum. Ini tidak boleh selalu menjadi hak istimewa para orang kaya.

Kelas pekerja akhirnya harus menyadari bahwa bukan negara atau bos yang membuat masyarakat tetap berjalan, tetapi para pekerja itu sendiri.

Pengeluaran yang kami tuntut, untuk memastikan berjalan dengan aman dan adil atau masyarakat secara keseluruhan, adalah uang pajak kita dan kita memiliki hak absolut untuk memutuskan masyarakat seperti apa yang ingin kita tinggali: masyarakat yang merawat orang tua, sakit, orang-orang yang kurang beruntung atau yang peduli untuk semua orang dan memperlakukan semua orang sebagai hal yang penting dan dengan rasa hormat. Negara, para bos dan yang lainnya yang hidup dari buruh atau pekerja tidak boleh diizinkan untuk menjalankan hal-hal seperti yang mereka miliki lagi. Terlalu banyak orang yang menjadi sakit oleh ini semua dan itu telah berlangsung bertahun-tahun. Cukup sudah!

Sistemnya sakit dan kita perlu menyembuhkannya.

Obat terbaik melawan penyakit yang menghancurkan populasi kita – dan kita tidak berbicara tentang Coronavirus sekarang – adalah bergotong royong dan bersolidaritas antar manusia.

Selama masa ini ketika banyak orang terpengaruh, kami telah menyaksikan berbagai aksi solidaritas yang dimulai dari bawah ke atas, kadang-kadang sangat diperlukan di mana sistem gagal melindungi anggota masyarakat kita yang rentan. Kami menyerukan kepada orang-orang untuk merangkul solidaritas dan menjadikannya bagian dari kehidupan mereka, tidak hanya pada saat-saat tragedi, tetapi juga sebagai sesuatu yang lumrah. Solidaritas membangun komunitas dan komunitas adalah sesuatu yang dapat membantu setiap perjuangan sosial untuk mendapatkan manfaat bagi semua orang.

Dari IWA, kami berharap semua kesehatan, keselamatan, dan kekuatan untuk para kelas pekerja dalam perjuangan dan tantangan yang mungkin Anda hadapi saat ini. Ingatlah bahwa solidaritas adalah senjata kita, senjata yang sangat berguna di saat-saat seperti ini. Kita semua perlu berorganisasi – tidak hanya untuk saat ini, tetapi untuk memperjuangkan dunia yang lebih baik bagi kita semua di masa mendatang.

Laisser un commentaire

Votre adresse de messagerie ne sera pas publiée. Les champs obligatoires sont indiqués avec *